Breaking News

Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya

Bagian-bagian Mata dan Fungsinya - Mata adalah indera penglihatan pada insan yang keberadaannya dalam menunjang kehidupan insan sangatlah penting. Jika tak ada mata pada manusia, pastinya insan tidak akan mampu melihat indahnya dunia ini, takkan mampu membaca, memakan, berlari, dan lain sebagainya. Allah telah menciptakan insan dengan bentuknya yang sempurna, selain ada mata yang berfungsi untuk melihat, ada juga telinga untuk mendengar, hidung untuk bernapas, kaki untuk berjalan, alis untuk menghindarkan mata dari benda asing dan keringan, serta masih banyak lagi belahan tubuh yang sangat penting selain mata.

Bagian-bagian mata cukup banyak, antara lain kornea, iris mata, retina, pupil, saraf optik, kelopak mata, otot mata, dan lain-lain yang setiap belahan mata memiliki fungsi masing-masing. Seperti kornea yang berfungsi untuk memfokuskan cahaya pada retina. Mata mampu melihat lantaran yaitu ada cahaya yang datang, Anda pernah merasakan bukan jikalau di kawasan gelap yang tidak terdapat cahaya sedikitpun kita tak mampu melihat apa-apa? Ya, itulah cara semoga mata mampu melihat, lalu bagaimana bagian-bagian mata dan fungsinya mampu bekerja dengan baik, silahkan baca ulasan lengkapnya dibawah ini.

 Mata adalah indera penglihatan pada insan yang keberadaannya dalam menunjang kehidupan ins Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya

Bagian Mata dan Fungsinya


1. Iris Mata - Iris yaitu cincin otot yang terdapat di belahan tengah mata, yang membantu dalam mengatur jumlah cahaya yang memasuki mata dengan mengontrol ukuran pupil.

2. Pupil - Adalah sebuah lubang di tengah iris yang merupakan kawasan dimana cahaya melewati dan jatuh pada lensa mata. Ukurannya sendiri dikontrol oleh iris.

3. Kornea - Kornea yaitu jaringan transparan di depan mata di mana cahaya yang tiba dari sebuah benda masuk ke mata. Hal ini juga membantu dalam memfokuskan cahaya pada retina.

4. Retina - Adalah belahan mata yang bertanggung jawab untuk mengubah cahaya yang jatuh di atasnya menjadi impuls listrik yang nantinya mampu dikirim ke otak. Retina mengandung sel fotoreseptor yang sangat sensitif terhadap cahaya atau disebut batang dan kerucut. Batang disini mampu membantu dalam visi hitam dan putih dan untuk melihat dalam cahaya yang redup, sedangkan kerucut berfungsi untuk membantu penglihatan pada siang hari dan warna.

5. Otot Siliari - Merupakan jaringan berbentuk cincin yang memegang dan mengontrol pergerakan lensa mata, dan lantaran yaitu itu, membantu dalam mengendalikan bentuk lensa.

6. Syaraf Optik - Adalah penerus rangsang cahaya dari retina ke otak. Saraf mata ataupun yang biasa di sebut dengan saraf optik ini memiliki fungsi untuk meneruskan sebuah rangsang cahaya hingga ke otak.

7. Kelopak Mata - Merupakan belahan mata yang membantu dalam tunjangan dan pelumasan mata manusia. Kelopak juga membantu mata untuk mengendalikan jumlah cahaya yang jatuh ke mata manusia.

8. Vitreus Humor - Ialah cairan bening yang mengisi rongga mata. Fungsinya adalah meneruskan cahaya dari lensa ke retina.

9. Lensa Mata - Membantu untuk memfokuskan cahaya di retina. Lensa mata juga mampu mengubah bentuknya sehingga memungkinkan insan untuk mampu melihat objek yang berjarak bersahabat dan jauh.

10. Otot Mata - Adalah belahan mata yang bertanggung jawab di belahan atas dan bawah, serta gerakan kiri dan ke kanan mata.

Itulah beberapa Bagian Mata dan Fungsinya pada manusia, jikalau ditelaah lebih dalam memang sungguh menakjubkan apa yang ada pada mata kita, meskipun bentuknya kecil tetapi banyak belahan yang fungsinya sangat luar biasa semoga mata mampu berfungsi secara normal. Jangan lupa membaca Makna Sumpah Pemuda untuk menambah pengetahuanmu.

No comments