Breaking News

Pengertian Dan Efek Globalisasi Lengkap

Pengertian Globalisasi - Globalisasi yaitu proses penyebaran berbagai unsur baru yang kaitannya sangat akrab dengan isu yang sifatnya terkenal diseluruh dunia melalui media cetak, internet, dan barang-barang elektronik, alasannya yaitu yaitu globalisasi terbentuk oleh adanya sebuah kemajuan di bidang komunikasi seluruh dunia. Dari pengertian tersebut mampu diambil sebuah hal menarik yakni, dengan adanya globalisasi suatu trend kehidupan di suatu negara atau benua mampu menjadi budaya baru bagi bangsa lainnya di berbagai bagian dunia. Secara umum, pengertian dari globalisasi yaitu proses integrasi atau hubungan internasional yang didapatkan alasannya yaitu yaitu adanya pertukaran pemikiran, pandangan dunia, dan aspek-aspek kebudayaan.

Pengertian dari globalisasi menurut bahasa yaitu campuran antara global dan sasi dengan arti Global yaitu mendunia, dan Sasi yaitu proses. Jadi apabila pengertian globalisasi menurut Bahasa ini di gabungkan menjadi "Proses suatu hal yang mendunia". Globalisasi mampu ditunjukkan dengan adanya kemajuan telekomunikasi, transportasi, dan gaya hidup masyarakat dunia, termasuk kemunculan handphone, internet, pemakaian celana jeans, dan lain sebagainya.

 Globalisasi yaitu proses penyebaran berbagai unsur baru yang kaitannya sangat akrab de Pengertian Dan Efek Globalisasi Lengkap

Pengertian Globalisasi Menurut Ahli

Thomas L. Friedman memberikan bahwa, Globalisasi memiliki dimensi idiology dan tekhnologi. Dimensi tekhnologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi tekhnologi yaitu tekhnologi isu yang telah menyatukan dunia.

Emanuel Ritcher memberikan bahwa, Globalisasi yaitu jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar - pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.

Achmad Suparman memberikan bahwa, pengertian Globalisasi yaitu sebuah proses yang menjadikan sebuah benda atau perilaku sebagai ciri dan setiap individu di dunia ini tampak dibatasi dengan wilayah.

Scholte memberikan bahwa, Globalisasi mampu diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini, setiap negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung antara satu dengan negara lainnya.

Martin Albrown memberikan bahwa, Globalisasi menyangkut semua proses yang dimana penduduk dunia terhubung ke komunitas dunia yang tunggal, dan komunitas global .


Dampak globalisasi secara faktual pun cukup banyak, antara lain :
  • Jalinan komunikasi akan terjalin semakin simpel dan bertambah canggih
  • Di kala globalisasi, mobilitas yang tinggi mampu memudahkan siapapun orangnya dalam melakukan perjalanan, baik perjalanan yang jauh maupun hanya perjalanan pendek dengan adanya alat transportasi yang semakin beragam, mirip pesawat.
  • Perkembangan ekonomi, sosial dan budaya dengan globalisasi ini akan membawa individu semakin semangat dalam meningkatkan potensi dirinya.

Selain efek positif, terdapat juga beberapa efek negatif globalisasi, mirip berikut ini :
  • Terciptanya budaya masyarakat yang konsumtif.
  • Lebih senang bergaya hidup mirip budaya barat, dan budaya negeri sendiri sering dilupakan.
  • Sikap individualis terjadi pada individu yang mengikuti perkembangan globalisasi tiada henti.

Dengan hadirnya globalisasi membuat kita untuk terus mengikuti perkembangan zaman yang semakin maju ini, khususnya dari segi tekologi. Namun tidak semua hasil globalisasi berdampa positif, ada juga efek negatif yang mampu kita dapatkan. Oleh alasannya yaitu yaitu itu, setelah membaca pengertian globalisasi ada baiknya Anda juga bukan hanya tangga perkembangan, tetapi juga berhati-hati dalam mendapat perkemabangan globalisasi yang tiada hentinya ini.

No comments